Rabu, 23 Mei 2012

Internet


Internet
Internet adalah bentuk keterikatan antar jaringan, dimana jaringan-jaringan komputer tersebut saling berkomunikasi melalui getway atau router. Router ini selain untuk menghubungkan antar jaringan, juga berfungsi untuk memisahkan paket informasi jaringan tersebut dengan jaringan lainnya. Maka tidak heran jika internet merupakan jaringan terbesar di dunia. Atau dengan kata lain internet adalah suatu jaringan komputer global yang terbentuk dari jaringan-jaringan komputer lokal dan regional, memungkinkan komunikasi data antar komputer-komputer yang terhubung ke jaringan tersebut.
Internet awalnya merupakan suatu rencana dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Departemen of Defense) pada sekitar tahun 1960-an. Dimulai dari suatu proyek yang dinamakan Arpanet atau Advanced Reseach Projects Afgency Network. Beberapa Universitas di Amerika Serikat diantaranya UCLA, Standford, UC Santa Barbara dan University of Utah, diminta bantuan dalam mengerjakan proyek ini dan awalnya telah berhasil menghubungkan 4 komputer di lokasi Universitas yang berbeda tersebut.
Perkembangan ARPANET ini telah menghubungkan lebih dari 100 mainframe komputer dan saat ini terdapat sekitar 4 juta host jaringan yang terhubung pada jaringan ini. Jumlah sebenarnya dari komputer yang terhubung tidak dapat diketahui dengan pasti, karena perkembangan jumlah komputer yang terhubung dengan suatu jaringan semakin lama semaki besar. Karena perkembangan yang pesat sekali, jarinngan komputer ini tidak dapat disebut sebagai ARPANET, karena semakin banyak komputer dan jaringan-jaringan regional yang terhubung. Konsep ini yang kemudian berkembang dan dikenal sebagai konsep InternetWorking. Oleh karena itu istilah internet semakin populer, dan orang menyebut jaringan besar komputer atau dengan kata lain internet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar