Senin, 04 Juni 2012

Wake On LAN


Wake on Lan merupakan teknologi yang dapat mengaktifkan komputer di dalam suatu jaringan komputer secara jarak jauh.  Teknologi ini merupakan hasil riset dan pengembangan dari Intel dan International Bussiness Machine (IBM) dengan berdasarkan dari pengembangan riset paket khusus yang dilakukan oleh Advanced Micro Devices (AMD) dan Hewlett Packard (HP). 
Teknologi wake on lan timbul dari adanya suatu masalah yang timbul pada bagian sistem informasi di perusahaan yang biasanya melakukan kegiatan setelah jam kerja , seperti melakukan back-up data atau penginstallan perangkat lunak baru. Namun biasanya pemakai komputer  mematikan komputer mereka setelah jam kerja. Tentu hal ini akan menyulitkan bila akan melakukan back-up data pada banyak komputer di dalam jaringan. Karena komputer yang akan dilakukan back-up dalam keadaan “off” , tentu harus diaktifkan terlebih dahulu sebelum dilakukan back-up data atau penginstallan software baru.
Setelah melakukan riset bersama selama 2 tahun , AMD dan HP menemukan jawaban dari masalah tersebut. Kartu jaringan (ethernet card) ternyata masih hidup pada saat komputer dimatikan. Kartu ini masih dapat menerima setiap paket yang dikirimkan ke dalam jaringan komputer. Ia menunggu datangnya paket khusus yang akan meaktifkan komputer yang sedang “off”. Nilai unik yang membedakan komputer satu dengan yang lainnya, yaitu alamat fisik dari kartu jaringan. Alamat diulang sebanyak 16 kali yang akan dikirimkan ke dalam jaringan yang akan menjadi paket yang akan mengaktifkan komputer yang dalam keadaan “off”.  Paket data ini kini disebut Magic Packet (paket khusus). AMD mempatenkan paket khusus ini dengan bebas dari biaya royalti jika menggunakan paket ini , sehingga setiap produsen dapat menggunakan paket khusus ini.
Kemudian, IBM dan Intel melakukan riset pengembangan dari paket khusus ini pada sehingga produk mereka dapat menerima dan memproses paket khusus tersebut jika dikirimkan ke dalam jaringan. Sehingga komputer yang menerima paket khusus tersebut akan dapat aktif. IBM dan Intel menamakan pengembangan teknologi ini Wake On Lan. Sekarang, hampir semua produsen membuat produk mereka dapat menerima paket khusus tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar