Minggu, 27 November 2011

Register


Register
Register merupakan memory kecil yang mempunyai kecepatan tinggi, lebih cepat lima sampai sepuluh kali lebih cepat jika dibandingkan dengan kecepatan read atau write pada main memory. Register digunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang diproses oleh CPU, sedangkan instruksi-instruksi dan data lainnya yang menunggu giliran untuk diproses masih disimpan di main memory.
Secara analog register ini dapat diibaratkan dengan ingatan otak bila anda melakukan pengolahan data secara manual sehingga otak dapat diibaratkan sebagai CPU yang berisi ingatan-ingatan. Satuan kendali yang mengendalikan seluruh kegiatan tubuh dan mempunyai tempat untuk melakukan perhitungan dan perbandingan logika.
Program yang berisi kumpulan dari instruksi-instruksi dan data diletakkan di main memory yang diibaratkan sebagai meja. Anda mengerjakan program tersebut dengan memproses satu per satu instruksi-instruksi yang ada di dalamnya mulai dari instruksi yang pertama. Instruksi ini anda baca dan diingat. Instruksi yang sedang diproses disimpan di register. Misalnya instruksi tersebut berbunyi ”hitung c = a + b” maka anda membutuhkan data nilai a dan b yang masih ada dimeja. Data tersebut anda baca dan masuk ke ingatan anda yaitu a bernlai 2 dan b bernilai 3. sekarang di ingatan otak anda telah tersimpan suatu instruksi dan nilai data a dan b, dengan demikian nilai dari c dapat kita hitung sehingga hasilnya adalah 5. hasil dari perhitungan ini perlu anda tuliskan kembali ke meja. Setelah semua hasil instruksi selesai diproses kemungkinan program, data dan hasil pengolahan ingin anda simpan secara permanen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar