Minggu, 18 Maret 2012

NOTEPAD++



Notepad++ adalah penyunting kode sumber bebas yang mendukung berbagai bahasa pemrograman yang berjalan di sistem operasi Windows. Proyek ini dilayani oleh Sourceforge.net. Program ini dibuat dengan dasar Scintilla dan ditulis dengan bahasa C++.

Notepad++ dibangun dengan bahasa C++, selain itu juga gratis.
Notepad++ bias digunakan untuk berbagai keperluan… mulai dari sekedar membuat catatan kecil.coding tag2 html. sampai programming. (tapi kan notepad biasa juga bias???) memang, tapi Notepad++ lebih powerfull karena mendukung berbagai jenis bahasa pemrograman. mulai dari Java, C++, Assembly, dan masih banyak lagi lainnya. Selain itu masih banyak tool2 lain yang saya sendiri ga’ mudeng buat apa dan gimana makainya. Saya sendiri merasa nyaman menyusun tag2 html dengan software satu ini. Enteng, ga nguras memory dan interfacenya enak dipandang.Warna-warna tulisan menyesuaikan bahasa apa yang kita pilih. jadi biasa memudahkan kita dalam coding atau menyusun program. Oh ya, fitur lain yang tak ketinggalan adalah Notepad++ mendukung multitab, jadi kita bias membuka beberapa file bersamaan pada satu jendela.
Yah secara keseluruhan. Bias  dibilang bahwa Notepad++ merupakan software multi fungsi yang fleksibel, ekonomis, dan efisien.apapun itu, yang jelas software ini wajib masuk dalam sistim komputerku.

Kesan Menggunakan Notepad++
Saya suka sekali dengan pemrograman web, karena itu saya biasanya menggunakan Notepad++ ini untuk mengedit file berjenis html, xml, php, sql, javascript, dan css. Syntax highlighter-nya juga cukup mumpuni untuk mengerjakan sistem web profesional yang saya sedang kerjakan sekarang.
Untuk kostumisasi, Anda juga dapat memilih beberapa style-theme untuk penyesuaian visual ketika coding [Setting > Style Configuration]. Saya lebih memilih warna lebih gelap pada background ketika coding (Obsidian theme) agar mata tidak cepat lelah.
Sampai saat ini, saya jarang menemukan kendala saat coding dengan Notepad++ ini. Fitur indentnya pun sangat saya sukai. Hanya dengan memblok source code lalu tekan TAB, seluruh source code yang di blok akan di indent dengan baik (Dulu saya pikir malah akan mendelete source code-nya, hehe). Untuk indent mundur, tinggal tekan Shift+TAB.
Untuk lebih memudahkan navigasi, sebaiknya Anda menginstall Explorer extention pada Plugin Managernya. Karena pada saat install pertama kali, fitur explorer pada Notepad++ tidak ada.

komentar : aplikasi ini digunakan untuk menulis coding-coding program agar tidak acak-acakan..aplikasi ini sangat berguna bagi para programmer.\aplikasi ini tidak membutuhkan banyak ruang hardisk,sangat kecil kapasitas ya,jadi tidak memakan banyak hardisk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar