Kamis, 15 Maret 2012

UML (Unified Modelling Languange)

UML (Unified Modelling Languange) adalah sebuah “bahasa” yang telah distandarkan untuk merancang, mendokumentasikan sistem dalam membuat suatu peranti lunak.
untuk membangun sebuah permodelan diperlukan program pendukung seperti UML, Argo UML, UML PAD, Smart Draw, visio, Umbrello (Linux).
Dalam penggunaan UML dapat di implementasikan terhadap semua jenis peranti lunak, sistem operasi atau jaringan apapun, serta ditulis dengan bahasa pemograman apapun, tetapi karena UML juga menggunakan class dan operation dalam konsep dasarnya, maka lebih cocok menggunakan peranti lunak yang mendukung bahasa yang berorientasi objek seperti C++, Java, C# dan VB.NET.
Seperti bahasa pada umumnya, UML mendefinisikan notasi dan syntax tetapi divisualisasikan dalam sekumpulan bentuk khusu yang menggambarkan diagram peranti lunak dan setiap bentuk memiliki arti tersendiri.
Sejarah UML dari mulai diciptakan sampai pengembangan sebenarnya cukup panjang sampai era tahun 1990 seperti kita ketahui banyak sekali metodologi permodelan berorientasi objek telah bermunculan di dunia, diantaranya metodologi booch, coad, OOSE, OMT, Shlaer-mellor, wirfs-brock, dsb. dari sekian banyak macam metodologi masing-masing memiliki notasi tersendiri, pertanyaanya adalah apakah ada standar baku penggunaan notasi tersebut. Akhirnya pada Oktober 1994 yakni Booch, Rumbaugh, dan Jacobson, yang merupakan tiga tokoh yang bisa dikatakan metodologinya banyak digunakan mepelopori usaha untuk penyatuan metodologi pendesainan berorientasi objek. Sehingga pada tahun 1995 direlease draft pertama dari UML (Versi 8.0), sejak tahun 1996 pengembangan tsb dikoordinasikan oleh OBject Management Group (OMG). Tahun 1997 UML versi 1.1 mencul dan versi terbarunya saat ini 1.5 yang dirilis bulan maret 2003. sejak saat itulah UML telah menjelma menjadi standar bahasa permodelan untuk aplikasi berorientasi objek.




komentar: aplikasi UML sangat penting bagi pengguna IT atau mahasiswa yang mengambil jurusan komputer.UML sangat membantu kita dalam membuat skripsi kita atau PI(penelitian ilmiah) kita,sangat membantu sekali.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar